Senin, 10 September 2007
Satisfaction Stupid
Pernah dengar perusahaan yang tidak memberikan service pada konsumennya ? Perusahaan apa saja, cobalah ingat apakah perusahaan itu tidak emmberikan layanan yang dinamakan SERVICE. Saya kira kita tidak akan pernah mendengar hal tersebut saat ini, baik itu perusahaan yang membidik konsumen yang nice sekalipun ataupun abang tukang bakso yang berjualan saban hari di waktu siang dan sore. Mengapa demikian ? hal ini terjadi karena service adalah sesuatu yang sudah seharusnya ada pada perusahaan, istilah kerennya, service adalah komoditi dalam sebuah perusahaan.
Cukupkah hanya sebatas Service ? dulu iya, ketika persaingan sudah mulai berperang di dalam benak konsumen, dimana satu perusahaan dengan perusahaan yang lain mulai merumuskan strategi-strategi kreatif dan hebat, dimana pertempuran mulai diarahkan ke dalam pikiran konsumen seperti yang dikatakan Al Ries “perang pemasaran sebenarnya terletak di benak konsumen”, service adalah hal utama yang harus mendukung peperangan ini. Tetapi ketika sudah terlalu banyak informasi yang datang menghampiri konsumen, ribuan iklan yang berjejal setiap hari, ribuan spanduk, poster terbentang dari kutub utara sampai kutub selatan dan ribuan macam service kreatif dan hebat yang ditawarkan produsen, cukupkah service ? Kembali lagi pada tulisan awal, TIDAK. Semua sudah melakukan service dengan baik, service is only commodity now, without satisfaction, perjumpaan perusahaan anda dengan ‘kuburan’ akan sangat dekat jaraknya.
Lantas apa selanjutnya ? Customer Satisfaction adalah selanjutnya. Service yang dilakukan sebuah perusahaan harus dapat mencapai apa yang dinamakan Customer Satisfaction. Sebagus apapun sebuah service, direncanakan sedetail apapun atau menggunakan konsultan pemasaran yang paling handal sekalipun tanpa mencapai apa yang dianamakan customer satisfaction, hal tersebut adalah sia-sia. Perusahaan Anda hanya mendapatkan pepesan kosong dengan harga yang sangat mahal, tentunya karena service bukanlah suatu hal yang murah.
diposting oleh jeramibiru 12.16.00  
 
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home

JERAMI BIRU

Tentang Saya
Name: jeramibiru
Home: Indonesia
About Me: aktif di desain
See my complete profile
Posting Sebelumnya
DIE HARD 4
Semangat Memberi - Nuansa hidup
Langkah Kaki
I Love MAC
Never Ending Journey
For your Desktop
Sebelum Pulang Kantor
Libur Kecil Kaum Kusam
What is a big idea?
Berikan Kesempatan ...
Simpanan
Agustus 2007
September 2007
November 2007
Links
BiNuscenter
BiNusCorner
BC Semarang
Instruktur BCSMG

 

Advertisement

 

About This Blog

This blog is powered by Blogger
Blog designed by Jerami Biru .